Recent Posts

banner image

Recent Posts

3/recent/post-list

POTENSI SUMBERDAYA MINERAL DI INDONESIA



Mineral yang dipakai sehari – hari dalam kehidupan umat manusia tidak semuanya terdapat di Indonesia. Diperkirakan hanya 30% atau 30 Macam mineral utama terdapat di Indonesia. Mineral tersebut adalah emas, perak, tembaga, nikel, timah putih, timah hitam, alumunium, besi, mangan, chromit, minyak bumi, gas bumi, batubara, yodium, berbagai garam, berbagai mineral industri (asbes, bentonit, zeolit, belerang, fosfat, batu gamping dll), batu mulia, termasuk intan, dan bahan bangunan. Mineral langka masih belum diketahui di Indonesia, demikian juga uranium, hingga saat ini belum tersedia data yang rinci mengenainya.
Beberapa mineral telah menjadi andalan sektor pertambangan di Indonesia. Produksi dan cadangannya juga cukup besar. Timah, misalnya, memproduksi sekitar 15% produksi dunia, sementara cadangannya lebih kurang 8% cadangan dunia. Cadangan nikel mencapai 15% cadangan dunia, tetapi produksinya baru mencapai 10% produksi dunia. Berikut ini disampaikan beberapa angka mengenai mineral andalan Indonesia, disertai pula beserta cadangan potensinya. Klasifikasi yang dipakai adalah klasifikasi Mckelvey (1973). Angka – angka tersebut disampaikan dalam bentuk tabel berikut :
Tabel 1. Perbandingan Taksiran Cadangan Mineral Indonesia dan Dunia
Nama Mineral
Taksiran cadangan
Perbandingan
Indonesia
Dunia
1.
Timah
865 ton
11.100.000 ton
8%
2.
Nikel
15 juta ton
100 juta ton
14%
3.
Tembaga
6 juta ton
126 juta ton
5%
4.
Batubara
32 milyar ton
663 milyar ton
2%
5.
Alumunium
934 juta ton
139.000 juta ton
0,7%
6.
Minyak bumi
9,1 milyar barrel
916,6 milyar barrel
1%
7.
Gas bumi
0,138 juta BSCF
6,9 juta BSCF
2%


Potensi minyak dan gas bumi terkandung dalam 60 cekungan dan baru 25% yang dieksploitasi. Menurut perkiraan, sumberdaya minyak bumi mencapai lebih kurang 70 – 72 milyar barrel, sedangkan yang sudah diteliti dan sudah dapat digolongkan sebagai cadangan baru kurang lebih 9 – 10 milyar barrel. Sumberdaya dan cadangan minyak bumi Indonesia akan bertambah terus bila eksplorasi terus dilakukan. Belum lagi potensi yang mungkin ada di dalam batuan yang lebih tua (batuan Pra-Tersier), karena sejauh ini minyak dan gas bumi baru diproduksi dari batuan berumur Tersier karena lebih dangkal letaknya. Demikian pula potensi sumberdaya mineral lainnya yang masih bisa untuk dikembangkan.
POTENSI SUMBERDAYA MINERAL DI INDONESIA POTENSI SUMBERDAYA MINERAL DI INDONESIA Reviewed by henipratiwi88 on 07:39:00 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.